Tips Mudah Cuci Karpet Anti Apek

cuci karpetKegiatan yang sering dilakukan masyarakat adalah mencuci, salah satunya mencuci karpet. Mencuci karpet kadang kala tidak bisa dilakukan oleh setiap orang, sebab sebagian dari mereka tidak bisa melaksanakan cuci karpet dengan baik. Sehingga karpet yang mereka cuci malah bau apek, bahkan proses pengeringan pun sangat lama. Alasan inilah yang paling dikeluhkan oleh masyarakat dalam pencucian karpet dan membuat mereka malas cuci karpet sendiri.

Penyebab mencuci karpet setelah kering malah menjadi apek, yaitu adanya bakteri juga proses pengeringan dari karpet begitu lama yang tidak dibantu oleh kipas angin bahkan sinar matahari. Andaikan karpet yang anda cuci masih kotor adanya bau yang lebih parah dari bau apek bisa muncul di karpet anda. Hal ini pastinya membuat orang yang menggunakan karpet akan benar-benar menggangu penciuman anda.

Berbagai penyebab bau apek dan kenapa karpet mengeluarkan bau apek? Menjadi tugas anda mencari tahu cara mencuci karpet yang benar, supaya bisa mencuci dengan baik sehingga tidak menghasilkan bau apek ketika kering nantinya.                Cuci karpet sendiri ternyata bukan hal yang mudah, apalagi jika karpet yang dicuci lebih dari 2 x 3 meter, dalam mencucinya harus membutuhkan alat yang khusus.

 

Mempersiapkan Berbagai Hal Sebelum Cuci Karpet

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum cuci karpet, yaitu:

  1. Menyiapkan vacuum cleaner, atau anda yang memang tidak memilikinya bisa menggunakan alat alternative misalkan, sapu lidi/ sapu ijuk supaya bisa membersihkan berbagai debu yang berada di karpet sebelum karpetnya anda cuci.
  2. Menyiapkan tongkat, disini fungsinya hampir sama dengan vacuum cleaner, namun mempunyai keunggulan bisa mengeluarkan debu membandel yang terselip pada bagian karpet (ini tergantung dari kekuatan dari si pemukul).
  3. Menyiapkan detergen. Ini berfungsi supaya bisa membersihkan kotoran atau noda yang berada di karpet anda juga bisa menyiapkan pewangi bahkan cairan desinfektan.
  4. Menyiapkan tempat cuci lumayan luas, Ini berfungsi untuk tempat anda mencuci karpet.
  5. Menyiapkan jemuran, ini berfungsi untuk menjemur karpet yang sudah dicuci. pilihkan jemuran yang penuh mendapat sinar matahari.
  6. Menyiapkan opsional, yaitu pewangi juga baking soda.

Setelah menyiapkan beberapa hal sebelum cuci karpet di atas, anda bisa melakukan pencucian karpet dengan mengikuti beberapa cara yang cukup mudah.

 

Tips Cuci Karpet Dengan Mudah

Setelah kebanyang seberapa sulitnya cuci karpet, anda perlu mengetahui beberapa tips membersihkan karpet yang mudah dan bisa anda lakukan sendiri dengan mencuci tanpa mengeluarkan bau apek dan bau yang tak sedap lainnya. Tips yang bisa anda lakukan adalah:

  1. Ukuran luas dari karpet memberi kemungkinan untuk anda tidak mencucinya sendiri, andaikan terlalu lebar sehingga sangat sulit dicuci menggunakan teknik tanpa alat atau sederhana. Perta,a anda bisa membersihkan karpet dengan menggunakan sapu ijuk/lidi dan anda bisa menambahnya dengan memukul menggunakan tongkat.
  2. Mencari tempat supaya bisa mencuci misalkan di garansi bahkan teras, juga tempat yang bisa digunakan untuk menjemur, misalkan pagar bahkan atap. Tempat yang digunakan untuk menjemur usahakan tetap bisa tersentuh sinar matahari.
  3. Mengantungkan karpet bisa dilakukan dipagar, kemudian anda bisa menyiram karpet menggunakan air dengan selang, anda juga bisa menyikat-nyikat supaya kotoran di karpet ikut hilang mengalir, kemudian setelah anda lakukan itu selanjutnya ditiris jika memang bisa diperas anda bisa memerasnya sedikit-sedikit (namun ini tidak berlaku jika karpet yang anda cuci bersih).
  4. Gunakan sabun yang khusus dalam mencuci karpet, andaikan tidak menemukan usahakan tidak menggunakan sabun bentuknya bubuk lebih baik memakai sabun yang digunakan untuk mencuci peralatan dapur, anda bisa membersihkan memakai sikat pada karpet sampai bersih.
  5. Membilas karpet bisa dilakukan dengan memakai selang sampai air bilasan bisa jernih, membilas harus sembari disikat supaya kotoran yang ada di bagian sela-sela karpet bisa hilang.
  6. Tunggu sampai tiris kemudian anda bisa menyiram memakai larutan anti septic misalkan bayclean, dettol, juga kaporit, tetapi lebih disarankan anda meracik larutan klorin memakai bayclean, kemudian menyiramkan ke karper, atau memakai kaporit. Fungsinya supaya kuman juga bakteri penyebab bau apek bisa terbunuh.
  7. Kemudian bilas lalu keringkan dengan cara dijemur pada atap rumah juga pagar.
  8. Setelah kering anda bisa mengakirkan dengan menggunakan vacuum cleaner, supaya setelah di cuci tetap bersih sehingga debu-debu bisa hilang.

Beberapa cara di atas mungkin bisa dilakukan dengan mudah oleh masyarakat, namun mereka belum semuanya mengerti bagaimana mencuci dengan benar. Andaikan anda tidak bisa cuci karpet sendiri sebab anda tidak yakin bisa mencuci dengan benar. anda bisa mencuci di jasa pencucian karpet atau jasa laundry, supaya bisa lebih baik hasilnya. Disini anda perlu menggunakan jasa cuci yang bagus dan benar-benar bagus hasilnya.

 

Cara Memilih Jasa Tempat Cuci Karpet Yang Berkualitas

Mencuci karpet yang tidak bisa anda lakukan sendiri, ada baiknya anda menggunakan jasa tempat cuci karpet. Hal ini selain mempermudah aktivitas anda juga bisa membuat karpet anda lebih bersih, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih jasa cuci karpet yang berkualitas:

  1. Jasa cuci menggunakan mesin

Pilihlah jasa cuci karpet yang memakai mesin yang bagus, jasa laundry ada yang manual ada yang menggunakan mesin. Maka lebih baik pilihkan jasa yang memakai mesin yang mesinnya berkualitas dan baik sehinggan bisa membersihkan karpet dengan cepat. Jadi hasilnya bisa benar-benar bersih karpet yang dicuci tersebut.

  1. Mempunyai manajemen yang jelas

Anda ingin memilih jasa laundry profesional yaitu mereka yang jelas manajemennya, disini manajemen yang bagus bisa lebih baik dalam pekerjaannya, sebab sudah terbagi sendiri-sendiri pekerjaannya sehingga mereka bisa focus dengen pekerjaan yang ada dan berpengaruh terhadap pekerjaannya yang baik.

  1. Menggunakan sabun yang bagus

Pilih juga jasa cuci yang menggunakan sabun yang tidak curah, sebab ini bahaya apalagi ketika bahan kimianya masuk ke dalam tubuh anda.

  1. Lokasinya

Pilih jasa laundry yang dekat di tempat anda, tempatnya bersih dan lokasinya tidak berdekatan dengan tempat-tempat yang kotor.

  1. Hemat juga murah

Menggunakan jasa cuci yang anda cari pasti yang murah sehingga lebih menghemat pengeluaran anda. Jadi, sebagai konsumen anda bisa mencari sendiri dan membandingkan mana jasa cuci yang benar-benar harganya sesuai hasil yang diberikan.

Setelah menentukan jasa cuci yang berkualitas di atas, anda bisa menggunakan jasanya dan karpet yang anda cucikan kemungkinan besar tidak berbau apek dan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap lainnya.

Sebenarnya cuci karpet dengan tidak mengeluarkan bau apek bisa dilakukan dengan mudah, baik oleh diri sendiri atau anda bisa membawanya ke jasa cuci. Jadi, jangan khawatir karpet yang anda cuci pasti akan bersih, wangi, apalagi dengan memakai bahan baik detergen, desinfektas, juga pewangi yang baik dan berkualitas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *