Membersihkan Karpet Dengan Mudah Dengan Jasa Cuci Karpet Kantor

cuci karpet kantorSekarang ini berbagai kantor baik kecil atau besar, sering menggunakan karpet. Maka mereka juga butuh melakukan cuci karpet kantor, mencuci karpet kantor bisa dilakukan sendiri namun lebih baik diberikan ke jasa cuci saja. Sebab dengan menggunakan jasa cuci karpet kantor hasilnya lebih bersih, harum, serta terhindar dari bakteri sebab jasa menggunakan sabun bahkan desinfektan yang bisa membunuh kuman.

Berbicara tentang karpet, bahan yang digunakan untuk membuatnya pun bukan hanya satu jenis saja. Banyak jenis bahan yang digunakan dalam pembuatan karpet, dari setiap bahan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, dari proses pencuciannya pun pasti butuh cara berbeda juga, ada yang proses pencuciannya mudah dan ada yang sulit. Hal ini juga yang menjadi alasan mencuci karpet yang tidak benar, bisa menimbulkan bau apek atau bau yang tidak sedap lainnya.

 

Ketahui Berbagai Macam Bahan Karpet Sebelum Cuci Karpet Kantor

Bahan pembuatan karpet ada yang murah dan ada yang mahal, disinilah yang menjadikan bahan berbeda proses pencucian juga berbeda. Berikut beberapa bahan pembuatan karpet yang bisa anda ketahui, yaitu:

  1. Bahan wol

Karpet yang dibuat dari bahan wol memang sudah terkenal dengan bahannya yang bagus juga berkuallitas, dari segi warna yang ada tidak ada batasannya. Karpet dari bahan wol ini begitu cocok diletakkan di ruangan yang dilewati atau diinjak oleh orang, sebab  karpet dari bahan ini tidak mudah menipis juga nyaman ketika diinjak. Andaikan anda menggunakan karpet dengan bahan wol ini, anda harus melakukan pembersihkan secara berkala supaya karpet tetap bagus.

  1. Bahan bambu

Bahan yang satu ini memang sangat bagus digunakan untuk pembuatan karpet, sebab  sertanya multi-guna. Serat naturalnya bisa ditenun menjadi seolah seperti benang sutra bahkan dipotong menjadi beberapa lapisan yang tipis. Umumnya, karpet menggunakan bahan bambu ini di pasang pada beberapa ruangan misalkan ruang tamu, kamar tidur, juga selasar di bagian depan pintu masuk ke ruangan yang lain. supaya bisa menjaga keawetan dari karpet bambu ini, lebih baik anda meletakkannya di area yang tingkat kelembapannya tinggi. Bahkan anda juga harus menjaga karpet dari bahan bambu tertumpahan air atau proses pembersihannya  basah.

  1. Bahan Akrilik

Bahan ini terbuat atas polymer, jadi bagi bahan yang memakai bahan akrilik bisa dibentuk serupa dengan karpet wol bahkan katun. Hal ini adalah alternative yang jadi pilihan andaikan berkeinginan karpet tetap terlihat dibuat dari serat yang natural, tetapi kualitasnya merupakan kualitas serat secara sintesis. Maka sebagai serat yang sistesis, akrilik menjadikan warna pada karpet tidak mudah luntur.

  1. Bahan katun

Katun punya keunggulan yang hampir sama dengan bahan wol. Adanya serta yang mudah untuk diwarnai menggunakan macam-macam warna. Tetapi, karpet katun harganya lebih murah dibandingkan dengan karpet wol serta mempunyai tampilan dengan lebih kasual. Proses penenunan pada serat katun dalam pembuatan karpet umumnya menggunakan cara dikepang mauun menggunakan cara tenun datar. Karpet dari bahan katun adalahh karpet halus, nyaman, sehingga bisa digunakan untuk karpet juga untuk alas duduk. Karpet yang mempunyai daya tahan lama ini bisa dicuci menggunakan mesin cuci, maka anda akan mudah proses membersihkannya.

  1. Bahan Microfiber

Bahan Microfiber merupakan serat yang halus, dan umumnya terbuat dari benang jenis polyester, polypropylene, atau nilon. Hal tersebut bukan hal baru di industri tekstil, bahan microfiber telah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Lebih hebatnya, adanya karpet yang dibuat dari bahan microfiber ini benar-benar bisa mengimitasi kecantikan juga kelembutan beludru. Namun, sayangnya adanya karpet yang berbahan microfiber ini mudah sekali meninggalkan noda jika terkena tumpahan cairan.

Beberapa bahan pembuatan karpet di atas bisa anda beli di toko penjualan karpet, dari masing-masing bahan mempunyai harga, kualitas, dan kekurangan masing-masing. Jadi, anda sebaga konsumen harus bisa memilih karpet mana yang bagus untuk ditempatkan di kantor. Setelah karpet kotor, anda bisa cuci karpet kantor di jasa pencucian karpet atau jasa laundry.

 

Menjaga Kebersihan Karpet Kantor Sebelum Cuci Karpet Kantor

Karpet yang disediakan pada kantor memang harus dijaga kebersihannya, sebab di kantor banyak lalu lalang pekerja, tamu, dan lainnya. Jadi, setiap waktu harus dibersihkan dengan cara :

  1. Membersihkan memakai mesin penyedot debu atau vacuum cleaner

Membersihkan debu di bagian karpet bisa memakai mesim penyedot debu atau vacuum dengan teratur, seperti dilakukan dalam waktu dua sampai tiga kali selama seminggu.

  1. Menutupi bagian karpet yang menjadi injakan

Ada karpet yang harus diletakkan di bagian yang kotor, misalkan di depan toilet, di bagian depan pintu masuk, maka disinilah karpet sering diinjak dan digunakan. Maka lebih baik pada bagain ini anda tutup memakai bahan keset supaya tidak mudah rusak atau kotor.

  1. Bisa menghilangkan noda, bau, juga bakteri

Tidak sama dengan debu, cara yang bisa dilakukan dalam pembersihan karpet dari noda, bau, juga jamur maupun bakteri bisa dilakukan menggunakan cairan khusus. Berbagai larutan yang bisa digunakan dalam proses pembersihan sehingga lebih efektif adalah baking soda, cuka, juga tepung jagung.

Cara menjaga karpet kantor di atas bisa dilakukan dengan mudah, namun jika memang ingin lebih mudah anda bisa menggunakan jasa cuci karpet kantor yang profesional. Jadi, kalau anda menggunakan jasa cuci kemungkinan besar karpet bisa lebih bersih dan wangi kembali.

 

Harga Cuci Karpet Kantor

Mengingat banyaknya jasa cuci karpet kantor yang menawarkan harga sampai kualitas pencucian yang bersih dan wangi. Disini anda harus mengetahui berapa harga yang di bandrol dalam cuci karpet kantor, sebab masing-masing jasa membandrol harga sendiri-sendiri. Secara umum harga ditentukan dari banyaknya karpet yang dicuci, dihitung per kilonya.  Di daerah Jabodetabek sendiri cuci karpet kantor per meternya di bandrol dengan harga Rp. 10.000. harga ini bisa berbeda dari satu daerah, satu toko dengan daerah dan toko yang lainnya.

 

Memilih Jasa Cuci Karpet Kantor Profesional

Sebelum menggunakan jasa cuci karpet kantor, ada baiknya anda memilih jasa yang benar-benar profesional, sehingga nanti hasil pencucian karpetnya bisa lebih maksimal, lebih bersih dan lebih wangi. Cara memilih jasa cuci karpet  kantor adalah:

  1. Memilih laundry yang memakai mesin yang bagus.
  2. Usaha tersebut memiliki manajamen yang jelas. Manajemen yang jelas bisa membuat pekerjaan lebih terarah dan mudah, sebab para pekerja sudah stand bye dengan pekerjaan maisng-masing.
  3. Jasa tersebut berkomitmen dalam menggunakan sabun, usahakan mereka tidak menggunakan sabun curah.
  4. Memilih lokasi yang dekat dengan tempat anda, lokasinya bersih.
  5. Biayanya murah juga hemat.

Cara memilih jasa cuci karpet kantor di atas semoga bisa membantu anda membersihkan karpet dengan mudah, efisein, dan hasilnya lebih bersih. Semoga bermanafaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *